10 Cryptid Terpopuler (versi saya)-2

06.09

4. Yeti





Yeti atau makhluk humanoid Snowman mendiami wilayah Himalaya Pakistan dan Nepal. Komunitas ilmiah sebagian besar menganggap sebagai yeti sebagai legenda, namun menjadi salah satu makhluk paling terkenal selain  Bigfoot di daerah Amerika Utara. Mahluk ini tinggi, berkaki dua ditutupi dengan rambut putih panjang dan tidak mengenakan pakaian, dan di bawah sinar matahari rambutnya dapat berubah menjadi merah.

3. Mermaid (Putri Duyung)




Putri duyung adalah cryptid dengan kepala dan dada perempuan serta memiliki ekor ikan duyung. Legenda mahluk ini sudah ada setidaknya sejak 5000 SM, asal usulnya diyakini dari Ratu Agung Atargatis, yang mencintai seorang gembala dan tidak sengaja membunuhnya. Merasa malu, dia melompat ke danau untuk mengambil bentuk ikan, tapi air tidak menyembunyikan keindahannya. Sehingga ia mengambil bentuk manusia di atas pinggang, ikan di bawah. Dalam cerita rakyat Inggris dicatat bahwa penampakan putri duyung sebagai pertanda sial. Ada kemungkinan besar bahwa orang orang yang telah melihat penampakan putri duyung telah salah melihat mahluk tersebut. Kemungkinan mereka telah melihat Sirenias sejenis hewan air.


2. Bigfoot / Sasquatch




Bigfoot, juga dikenal sebagai Sasquatch, yang konon makhluk mirip kera yang menghuni hutan terutama di wilayah Pacific Northwest Amerika Utara. Bigfoot biasanya digambarkan sebagai mahluk besar berbulu, bipedal humanoid. Kebanyakan ilmuwan menganggap keberadaan Bigfoot sebagai kombinasi dari cerita rakyat dan kesalahan identifikasi. Namun demikian, Bigfoot merupakan salah satu contoh yang paling terkenal dari cryptid dalam Cryptozoology dan legenda abadi. Bigfoot digambarkan dalam laporan sebagai makhluk mirip kera besar berbulu, berkisar antara 60-10 kaki (2-3 m), beratnya lebih dari 500 pon (230 kg), dan tertutup rambut hitam atau coklat kemerahan gelap.
Para saksi menggambarkan bahwa mahluk itu memiliki mata besar, dahi besar, bagian atas kepala berbentuk bulat, mirip dengan gorila jantan. Bigfoot umumnya dilaporkan memiliki bau yang kuat dan tidak menyenangkan oleh mereka yang mengklaim telah melihatnya. Laporan menyatakan bahwa jejak kakinya mencapai panjang 24 inci (60 cm) dan lebar 8 inci (20 cm). Laporan yang lain menyatakan bahwa jejak kakinya memiliki lima jari seperti kera, beberapa memiliki tanda cakar, sehingga kemungkinan bahwa sebagian jejak tersebut berasal dari binatang biasa seperti beruang, yang memiliki lima jari kaki dan cakar.

1. Monster Loch Ness (Nessie :3)

Nessie sering dibandingkan dengan plesiosaurus yang dianggap telah punah 60 juta tahun yang lalu. Plesiosaurus sendiri adalah hewan yang berdarah dingin hingga membutuhkan kehangatan dari lingkungan sekitar. Secara ilmiah, plesiosaurus tidak akan dapat bertahan hidup di lingkungan air dingin seperti Lochness. Lagipula ia membutuhkan udara untuk bernafas. Apabila Nessie adalah plesiosaurus, maka tentu saja penampakan akan lebih sering terjadi. Namun ada kemungkinan bahwa Nessie adalah keturunan dari plesiosaurus yang telah belajar beradaptasi di lingkungan barunya. (blog misteri enigma)

Karena Nessie menduduki peringkat pertama, *prokprokprok* maka saya kasih bonus foto2 penampakan Nessie yang paling terkenal XD


Pada April 1934, Dr Robert Kenneth Wilson mengaku telah mendapatkan foto Nessie. Foto ini akhirnya menjadi foto Nessie paling terkenal di dunia yang dikenal dengan sebutan "Surgeon photo". Namun pada tahun 1992, para ilmuwan menemukan bahwa foto tersebut adalah sebuah karya palsu. Seorang pemburu bernama Marmaduke Wetherell dan anak angkatnya membuat sebuah model dengan menggunakan periskop kapal selam dan memotretnya. Foto itu diserahkan kepada Dr. Robert Wilson, dan Dr. Wilson menyerahkannya kepada surat kabar Daily Mail pada April 1934.


14 Juli 1951, seorang pegawai komisi kehutanan bernama Lachlan Stuart berhasil memotret punuk misterius yang muncul ke permukaan. 20 tahun kemudian para ilmuwan yang mengunjungi lokasi monster tersebut menemukan bahwa perairan itu dangkal. Hal ini menyimpulkan bahwa monster Stuart memiliki tubuh yang kurus. Di kemudian hari, Richard Frere seorang pengarang mengatakan bahwa Stuart mengaku merekayasa objek tersebut dengan menggunakan terpal dan jerami.


Pada tahun 1955, seorang manajer bank bernama Mr. McNabb mengambil sebuah foto yang menunjukkan guncangan di air dekat Kastil Urquhart. Foto itu dianggap sebagai salah satu foto Nessie paling jelas yang pernah didapat. Hal ini menyebabkan adanya teori yang mengatakan bahwa Nessie kemungkinan tinggal di bawah Kastil Urquhart. Teori ini juga muncul dikarenakan banyaknya foto Nessie yang diambil menunjukkan ia berada di dekat kastil kuno itu.


Pada tahun 1960, Insinyur aeronautika bernama Tim Dinsdale berhasil memotret sebuah punuk yang bergerak di dalam air. Namun banyak orang yang meragukannya dan beranggapan bahwa punuk itu sesungguhnya adalah sebuah perahu. Namun foto Dinsdale mendapat dukungan dari Discovery communication. Ketika mereka membuat film dokumenter mengenai Nessie, mereka menggunakan foto Dinsdale dan mereka melihat ada sebuah bayangan hitam di negatif foto yang tidak terlihat di foto. Ketika mereka menelitinya, mereka melihat sesuatu yang terlihat seperti badan bagian depan, sirip dan punuk yang terlihat seperti milik seekor hewan.


Seorang mantan kapten angkatan laut bernama Frank Searle yang tiba di Lochness untuk mencari monster lochness pada tahun 1972 mengaku berhasil mengambil sejumlah foto Nessie, kebanyakan segera tampil di media. Namun, foto-foto yang diambilnya segera dinyatakan sebagai rekayasa. Contohnya foto dibawah ini dianggap sebagai foto batang kayu yang mengapung.


Foto dibawah ini disebut diambil tahun 1972. Namun tidak diketahui identitas pasti pemotretnya. Mungkin foto ini juga diambil oleh Searle. Ada kemiripan dengan foto diatas, lagipula tahunnya sama.


7 Agustus 1972, sebuah ekspedisi yang dipimpin oleh Dr. Robert Rines dari Akademi sains terapan berhasil mengambil foto yang menunjukkan citra seperti sirip seekor makhluk misterius.


Pada tahun 1975, akademi ini bahkan mendapatkan foto Nessie yang lebih jelas. Citra pada foto ini menampakkan makhluk aneh dengan kepala berbentuk kuda.


Foto ini adalah foto Nessie yang terbaru. Foto ini diambil pada tahun 2009 oleh sepasang kekasih yang sedang berakhir pekan di Lochness. Ian Monckton dan tunangannya Tracey Gordon sedang mengendarai mobil di tepi danau ketika mereka mendengar suara guncangan keras di air. Mereka menghentikan mobilnya dan segera memotret asal suara guncangan itu dengan kamera. Dan foto inipun tertangkap kamera. Objek didalam foto tersebut terlihat seperti bagian belakang dari seekor hewan besar. Namun para ahli yang melihat foto tersebut menyimpulkan bahwa foto ini bisa berarti apa saja karena tidak jelasnya objek yang tertangkap.

source : haritscrypto.blogspot.com
         xfile-enigma.blogspot.com
         the campur aduk

You Might Also Like

1 komentar

  1. Ada gambar image yang lebih jelas, gak? Jadi penasaran.. hehe

    BalasHapus

Like us on Facebook

Flickr Images

Subscribe