Burung Eksotis di Indonesia

03.53

hey, readers..... postingan saia kali ini tentang alam Indonesia lagi....tadi saia browsing2 dan nemu beberapa gambar hewan khas Indonesia yg sumpah, bagus bgd!! karena kebanyakan diantaranya itu burung, maka yg saia muat cuma burung aja, maap ya readers^^

oke...lets start n enjoy... :)
1. CENDRAWASIH BIRU



diliat dari namanya aja udah ketauan cakepnya, ya readers, ini burung emang cantiiiikkk banget dengan ekor birunya yang memesona..

nama latinnya itu...kalo gak salah...paradisaea rudolphi. Cendrawasih biru ini berukuran sedang(g kecil2 amat n g gede2 amat). panjangnya sekitar 30 cm aja. Habitatnya itu di hutan2 sekitar Papua. Kalo saia lihat dari jumlah potonya di google yg kebanyakan sama, burung yg super cantik ini kayaknya langka... makanya readers, kalo ada burung cantik, jangan ditangkep, dipoto aja, ya... :)

2. CENDRAWASIH MERAH


lagi-lagi cendrawasih....ckckck...keluarga paradis2an ini emang cantik-cantik semua, ya....

Nama latinnya saia ga tau, yang jelas ada paradisaea-nya juga. Burung ini juga berukuran sedang, tapi lebih panjang 3 cm dari si biru, jadinya 33 cm. Kalo ini emang puya Indonesia nih. Habitatnya di kepulauan Waigeo, kabupaten raja Ampat, Irian barat

3. JALAK BALI


burung ini nama ilmiahnya leucopsar rothschildi. Panjangnya sekitar 25cm-an(imuuuttt). Ini burung juga asli Indonesia nih. Cuma bisa ditemuain di hutan bagian barat pulau Bali. Jalak bali ini juga dinobatin sebagai lambang fauna Bali, lho!

4. KAKATUA RAJA


readers, pingin tau kenapa saia memilih burung ini dari sekian banyak burung lainnya? Jawabannya 1. Burung ini eksotis dan cakep n gothic banget 2. Burung ini menyimpan kenangan saia..


asal tau aja, ya readers, burung ini hidup berkelompok dan usianya lumaya panjang! Bisa nyampe 60 tahun segala, lho! Burung gothic ini menghuni hutan monsun(Nusa Tenggara), hutan yang tinggi bersemak, semak yang pohonnya jarang dan lahan budidaya yang pohonnya jarang.


Soal kenangan sama salah satu burung ini, saia ceritain ya, readers. Waktu itu saia ma temen2 lagi hangout di Jatim Park. pas itu saia ma tmen2 masuk ke Bird park, dan ada banyak macem2 burung disono. Merak2 pada jalan2, kakatua sayap hitam pada terbang dan gak takut ama keberadaan kami(mereka gak dikurung, llho!). Kemudian langkah kami terhenti. di tikungan jalur, ada seekor burung yang nangkring di sebuah dahan. Wajahnya syerem banget. Bulunya item semua, kecuali bagian pipi yang warnanya merah. Jambulnya sangar. Kubaca tulisan yg dipakuin di dahan itu, kurang lebih tulisannya gini : KAKATUA RAJA. teman-teman, meskipun wajah saya seram, tapi saya suka kalau jambul saya dielus...



Si burung menatapku seram. temen2ku pada diem semua, takut ama itu burung. kuberaniin hati ini untuk berjalan mendekat dan mengelusnya. Dirumah pelihara piton, masa' ama burung aja takut! gitu pikirku.  kuulurkan tanganku perlahan ke jambul burung itu. Mulai kuelus, si Kakatua gak bergerak malah dia merem2 nyaman. akhirnya kuelus dan kubelai paruhnya, kucium jambulnya tanpa takut bersin. Gak taunya temen2ku dibelakang malah bertepuk tangan heboh! sampe turis2 dibelakang ikut ngeliatin aku..... wiihh maluuuu... >.<


sayang potonya ngilang, readers, padahal saia udah nyari di lapi, di komputer, dll...T-T
pelajaran yg bisa diambil, jangan nilai orang dari tampangnya doank, buktinya walau tampangnya serem si kakatua malah seneng dielus..... ehehehehe :)

You Might Also Like

1 komentar

Like us on Facebook

Flickr Images

Subscribe