Tarian Indonesia yang paling Terkenal di Dunia

17.03

Hai, readers. Selamat tahun baru 2011.  Di tahun yang baru ini, kita pasti ingin menambahkan sesuatu yang baru dalam hidup kita. Begitu juga dengan blog yang sederhana ini. Mulai tahun baru 2011 yang indah ini, akan ada kategori baru, yaitu "Indonesian Cultures", yang akan membahas tentang kebudayaan Indonesia yang sangat beragam, mulai dari tarian, adat, dan kegiatan suku yang unik. Yang istimewa, khusus kategori "Indonesian cultures" , akan disajikan dalam dua bahasa--bahasa Inggris dan bahasa Indonesia. Tujuannya agar teman-teman kita di negara lain dapat mengetahui budaya Indonesia lebih dalam.


Untuk posting pertama ini, saya akan membahas tentang Tari-tarian indonesia yang sudah dikenal dunia.

1. Tari Pendet
"cantiknya..."
Siapa yang tak kenal tarian khas bali ini? menurut saya, tarian yang berasal dari pulau Bali ini sudah dikenal di mata dunia, meliat banyaknya turis asing yang mengunjungi pulau Bali. Berikut ini adalah penjelasan tentang tari Pendet.
-Sejarah 
Sejarah tari pendet sebenarnya sudah ada sejak lama di bali. Tarian ini termasuk yang tertua diantara tarian sejenis yang ada di pulau bali. Dari berbagai sumber yang saya temukan tercatat bahwa tahun 1950 adalah tahun dimana terciptanya tarian pendet. Sebelumnya tarian ini ada untuk upacara keagamaan dan ritual sejenis di bali.
Adalah dua seniman kelahiran Desa Sumertha, Denpasar  bernama I Wayan Rindi dan Ni Ketut Reneng yang menciptakan tarian ini. Merekalah yang mengubah tarian ritual ini menjadi tarian penyambutan bagi tamu yang dilakukan empat orang penari di berbagai tempat termasuk hotel dan tempat resmi lainnya.



-Susunan gerakan
Tarian ini diajarkan sekedar dengan mengikuti gerakkan dan jarang dilakukan di banjar-banjar. Para gadis muda mengikuti gerakkan dari para wanita yang lebih senior yang mengerti tanggung jawab mereka dalam memberikan contoh yang baik.




English


Hi, readers. Happy New Year 2011. In this new year, we definitely want to add someting new in our lives. Likewise with this simple blog. Beginning in 2011, this beautiful new, there will be a new category, is named "Indonesian Cultures" which will discuss the Indonesian Cuture is very diverse, ranging from dance, traditional and unique tribal activities. A special in special category "Indonesian cultures", will be presented in two languages--English and Bahasa Indonesia. The purpose is for our friends in other countries can learn more in the Indonesian Culture.


For this first post, I will discuss about the Indonesian dances that have been known to the world.


1. Tari Pendet


who does not know the typical Balinese dance is this? In my opinion, dance that originated from Bali island has been known in the eyes of the world, comprehension as many foreign tourists who visit the Island of  Bali. This is the explanation of tari Pendet


-History
History of tari Pendet actually has been there a long time in Bali. This dance is one of the oldest among the dance of a kind that is on the island of Bali. From various sources I found that 1950 was the year in which the creation of dance Pendet. First time this dance there for a kind of religious ceremony and ritual in Bali.


 There were two artists born in the village of Sumertha, Denpasar named I Wayan Rindi and Ni Ketut Reneng who created this dance.They have changed this dance become dance ritual of welcome for guests who performed four dancers in various places including hotels and other official places. 


-the composition of movements
This dance is taught simply by following the move and rarely done in the banjo-banjo. The young girl followed the move of more senior women who understand their responsibilities in providing a good example.




to be continued...





You Might Also Like

0 komentar

Like us on Facebook

Flickr Images

Subscribe