Fenomena Awan Bentuk Petruk di Merapi

04.00

hey readers...!!! mo update nih. tadi abis liat di tipi tentang gambar ni....bagi readers yg suka nonton tivi, pastinya udah g asing lagi ama gambar ini


nah, ini kutipan artikel tempat saya mendapatkan gambar ini(uwooo bahasanya jadi serius euy!)
Foto awan puncak merapi berbentuk petruk tersebut milik Suswanto (40), warga Dusun Anom, Desa Sudimoro, Kecamatan Srumbung, Magelang, Jawa Tengah. Dia mengaku mengambil foto awan petruk tersebut Senin (25/10/2010) pukul 05.00 WIB dari rumahnya.
Usai salat subuh, saya begitu melihat puncak Merapi kok ada awan bentuknya aneh. Langsung saya abadikan dengan kamera digital,” ungkap dari Suswanto.
Suswanto kemudian memperlihatkan foto awan merapi kepala petruk itu kepada beberapa tetangga desanya seperti di Desa Ngargosuko, Desa Salamsari, Desa Krajan, Desa Jengglis, Desa Kemiren , Desa Sumberrejo dan Desa Kaliurang.
Beberapa sesepuh dan orang-orang tua desa menyatakan jika sudah terlihat kepala Mbah Petruk atau Nyai petruk yang sudah menagih janjinya maka akan terjadi letusan di puncak Gunung Merapi yang sangat besar,” tegas beliau.
Sugihartono, tetangga Suswanto, mengatakan warga setempat sangat mempercayai mitos Mbah Petruk atau Nyai Petruk. Mitos itu dipercaya secara turun-temurun.
Mitos itu terkait cerita tentang kekecewaan Raja Majapahit, Brawijaya terhadap Kerajaan Demak dalam kisah Sabdo Palono Genggong. Brawijaya saat itu ingin menyepi di Gunung Lawu namun diusir. Brawijaya akhirnya bersemedi di puncak Merapi.
Saat menyepi di Merapi, Brawijaya bertemu dengan seorang wanita tua yang konon disebut Nyai Petruk atau Mbah Petruk. “Mbah Petruk kemudian mengeluarkan sabda jika Ada pemimpin di sekitar Merapi yang tidak benar dirinya akan menagih janji,” kata Sugihartono.
Sugihartono menjelaskan dalam foto kepala Mbah Petruk itu menghadap ke Selatan. Ini artinya letusan Gunung Merapi yang terbesar akan menimpa di Yogjakarta dan sekitarnya.
Kucir belakang dan hidung tajamnya menghadap ke selatan, Yogjakarta. Maka diperkirakan yang akan mendapat akibat besar adalah kota Yogjakarta dan sekitarnya,” tegas Sugihartono.
Mbah Diur (54), sesepuh Dusun Gantan, Desa Ketunggeng, Kecamatan Dukun, Magelang menjelaskan Merapi secara filosifi dan metafisis dikuasai beberapa arwah dari orang yang mumpuni. Salah satunya Nyai Petruk atau Mbah Petruk yang menguasai bagian puncak bersama mahkluk gaib lainnya, Den Mas Anwar, anak dari Pangeran Samber Nyawa penguasa Gunung Lawu.
Petruk menguasai kawah dan Den Mas Anwar menguasai bagian puncak sampai ke dalamnya,” tegas Mbah Diur.
Ada lagi tokoh ghaib lainnya yang diyakini berdiam di Gunung Merapi. Tokoh ghaib itu adalah pangeran Sambang Dalan, penguasa sisi kanan kiri lereng Merapi.
Ya seperti itulah heboh nya foto awan puncak gunung merapi berbentuk kepala petruk, bikin geger kawasan gunung merapi pastinya. Tapi ya ini tetap bencana alam yang merupakan peringatan dari Tuhan kepada umat-NYA.
Reff : www.detiknews.com
woow, heboh ya. Ada hal begitu, langsung makhluk gaib. Padahal readers, yg bikin awan kayak gitu belum tentu(belum tentu lo ya, bukan gak mungkin) si penunggu. Kalo percaya ada-nggaknya si mbah PETRUK ini, jujur saia percaya. Soalnya Tuhan menciptakan makhluk bukan cuma manusia saja.

terus, soal awan unik itu, saya bingung, itu rekayasa apa ndak, dan tanya sama bang Enigma langganan saia. Katanya, awan itu bukan rekayasa, tapi(menurut bang Enigma) itu mungkin efek PAREIDOLIA. nah, sebenarnya apakah efek pareidolia itu?

Setelah Browsing2 dan nyari kesimpulan akhirnya muncul deskripsinya......

Pareidolia adalah sebuah fenomena psikologis yang melibatkan stimulus acak dan samar-samar (biasanya gambar atau suara) dan dianggap signifikan. Ia mempersepsikan apa yang sedang kita alami dengan apa yang pernah kita alami sebelumnya.


nah, gimana? banyak, lho contoh2 efek pareidolia...nih poto2nya :



































Kalo mo tau yang lain, cari sendiri yaaa......XP

You Might Also Like

0 komentar

Like us on Facebook

Flickr Images

Subscribe